by

Gardah Menyerukan Untuk Tetap Bersih-Bersih Masjid Sebagai Tempat Ibadah Muslim

Sumedang,gardah.com – Masjid (bentuk tidak baku: mesjid) adalah rumah tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Masjid artinya tempat sujud, sebutan lain yang berkaitan dengan masjid di Indonesia adalah musala, langgar atau surau. Istilah tersebut diperuntukkan bagi bangunan menyerupai masjid yang tidak digunakan untuk salat Jumat, iktikaf, dan umumnya berukuran kecil. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim.(net).

Masjid At-Taufik yang berada di Kampung Lebakgede, RT 01/RW 04, Desa Citali, Kec. Pamulihan Sumedang, Kab. Sumedang, Minggu, (08/11/2020) sebelum dicat kembali.

Seorang Muslim akan prihatin dan sedih manakala menjumpai seseorang yang dengan seenaknya mengotori masjid dan membiarkan kotoran (sampah) berserakan. Juga tidak etis jika kita membiarkan bau tak sedap bercokol di tempat wudhu, toilet, atau kamar mandi masjid, sehingga aromanya menyebar dan dihirup orang-orang yang shalat, membaca Alquran, iktikaf, atau ibadah lainnya.

Ketua MKP Gardah 02 (Kanan) Asep Mulyana Bersama Relawan Dan Ketua MKP 01 Gardag (Kiri) Meracik Cat Untuk Masjid At-Taufik.

Dengan demikian, kebersihan dan keasrian masjid jelas mendukung kekhusyukan kaum Muslimin dalam beribadah. Maka, sangat pantas kalau Allah dan Rasul-Nya memberikan pahala yang besar bagi mereka yang membersihkan masjid— sebagaimana tersimbul dalam riwayat di atas. Nabi juga bersabda, “Barang siapa yang mengeluarkan kotoran dari masjid maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga,” (HR Ibnu Majah).

KH. Suryana Nurfatwa Ketua Umum Gardah Ikut Memulas Cat Ke Jendela Masjid

karena itu juga, Ketua Umum Pagar Aqidah KH. Suryana Nurfatwa menyerukan bagi para relawan Pagar Aqidah untuk bergerak beres-beres masjid. kali ini, masjid At-Taufik yang berada di Kampung Lebakgede, RT 01/RW 04, Desa Citali, Kec. Pamulihan Sumedang, Kab. Sumedang, Minggu, (08/11/2020) dicat kembali.

Didalam Masjid dan Diluar Masjid Dengan Warna Hijau Masjid At-Taufik Selesai Dicat

didampingi Ketua MKP 01 Pagar Aqidah Ustad Nurida bersama Ketua MKP Pagar Aqidah 02 Asep Mulyana dan para relawan Pagar Aqidah bergerak Beres-beres dan menggunkan alat perkakas untuk mengecat masjid.

Masjid At-Taufik Kembali Bisa Digunakan Solat Berjamaah

berselang waktu, “Alhamdullilah, Masjid At-Taufik selesai dan bisa digunakan untuk ibadah. semoga masyarakat bisa menjaga, merawat dan menggunakannya lebih khusu, pesan KH. Suryana Nurfatwa, usai pengecatan Masjid.